PANDUAN BELAJAR KOMPUTER DASAR

BELAJAR KOMPUTER

Teori Dasar Komputer Yang Perlu Di ketahui

Di sini kita akan mempelajari atau belajar tentang bagian-bagian atau komponen dari sebuah komputer. Hal ini bertujuan untuk membuat kita terbiasa dengan istilah-istilah yang nanti kita gunakan ketika masuk pada bahasan atau materi komputer yang lebih lanjut.

1.      Menghidupkan Dan Mematikan Komputer

Belajar komputer ini dasar dimulai dengan praktek menghidupkan dan mematikan komputer. Inilah sebabnya anda belajar tentang teori komponen sebuah komputer. Dari sini anda akan mengetahui bagian-bagian yang berkaitan dengan menghidupkan komputer.

Langkah Menghidupakn Komputer :

  • Hidupkan CPU dengan menekan tombol power pada CPU,
  • Tunggu hingga proses Booting selesai sampai muncul layar di desktop,dan
  • Komputer sudah siap digunakan(jangan lupa Refresh tekan mouse bagian kiri Refresh lalu tekan F5 berulang kali sampai 2 kali).

Langkah mematikan komputer :

  • Arahkan mouse kepojok bawah kanan
  • Pilih dan klik setting
  • Klik power & pilih shutdown
  • Tunggu hingga benar-benar mati.(atau tekan tombol Alt+F4 pilih shutdown)

2.      Mengenal Software Microsoft Office Di Komputer

Setelah anda bisa menghidupkan dan mematikan komputer. Anda bisa langsung mengenal salah satu software atau perangkat lunak yang pertama anda harus kuasai seperti Ms.Word,Ms.Excel,Ms.Power Point.

  • Microsoft Word

Jika tujuan Anda belajar komputer adalah untuk mahir mengetik, maka Anda perlu banyak berinteraksi dengan Microsoft Word. Dengan menggunakan Microsoft Word Anda bisa mengetik tulisan, membuat tabel, mengedit tulisan dan lain sebagainya. Program Microsoft Word ini merupakan program bawaan dari Windows sehingga Anda bisa langsung menggunakannya.

 

Untuk bisa mahir menggunakan Microsoft Word, Anda harus rajin berlatih, semakin Anda sering berlatih, dan menggunakannya makan kecepatan mengetik Anda akan semakin cepat. Banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan aplikasi ini untuk mengetik dokumen dan lain sebagainya. Jadi sebaiknya aplikasi ini wajib Anda kuasai.

  • Microsoft Excel

Program atau aplikasi bawaan Windows lainnya yang sangat penting bagi pekerjaan sehari-hari adalah Microsoft Excel. Biasanya Microsoft Excel digunakan untuk pengelolaan keuangan dan pendataan. Banyak rumus-rumus yang bisa memudahkan kita dalam mengolah angka-angka menggunakan program ini.

Selain untuk mengolah data-data keuangan, Anda juga bisa menggunakan Microsoft Excel untuk membuat tabel dengan sangat mudah, serta membuat format-format formulir. Untuk Anda yang pekerjaannya berkaitan dengan bidang administrasi dan administrasi keuangan, tentunya harus menguasai program ini.

  • Microsoft Power Point

Jika bidang pekerjaan Anda bersinggungan dengan presentasi di depan umum, maka Anda perlu belajar aplikasi Microsoft Powerpoint. Untuk bisa belajar aplikasi ini, maka Anda bisa langsung menggunakannya, karena aplikasi ini merupakan program bawaan Windows.

Untuk bisa membuat slide di aplikasi Powerpoint dan menjalankannya, maka Anda perlu merumuskan terlebih dahulu ide-ide pembicaraan yang akan Anda sampaikan melalui slide Powerpoint. Biasanya kalimat dalam Powerpoint dibuat dalam point-point tertentu. Selain itu Anda pun bisa menyisipkan gambar pada slide presentasi yang Anda buat untuk memperkaya visualisasi.

Penulis: AdminEditor: Admin

Respon (1)

Berikan Komentar

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: