17 AGUSTUS 1945 DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESI KE 77

17 AGUSTUS

17 Agustus 1945, terdapat peristiwa penting yang tidak boleh dilupakan. Peristiwa penting tersebut merupakan perjuangan para tokoh atau pejuang kemerdekaan untuk dapat segera memerdekakan Indonesia.

12 Agustus 1945

Dimulai Pada tanggal 12 Agustus 1945, melalui Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam, mengatakan kepada Soekarno, Hatta dan Radjiman bahwa pemerintah Jepang akan segera memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Meskipun demikian Jepang menginginkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 24 Agustus. Dua hari kemudian, saat Soekarno, Hatta dan Radjiman kembali ke tanah air dari Dalat, Syahrir mendesak agar Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan karena menganggap hasil pertemuan di Dalat sebagai tipu muslihat Jepang.

16 Agustus1945

16 Agustus 1945, gejolak tekanan di latar belakangi oleh para pengikut Sutan Syahrir yang menginginkan pengambilalihan kekuasaan oleh Indonesia dari Jepang makin memuncak dan tak terkendali. Pada siang hari mereka berkumpul di rumah Hatta, dan sekitar pukul 10 malam di rumah Soekarno. Sekitar 15 pemuda menuntut Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan melalui radio, disusul pengambilalihan kekuasaan. Mereka juga menolak rencana PPKI untuk memproklamasikan kemerdekaan pada 15 Agustus.

BACA JUGA : HSU DIAPRESIASI PREDAM

17 Agustus 1945

Pembacaan Naskah Proklamasi

Setelah diyakini bahwa situasi memungkinkan untuk membacakan teks proklamasi, maka Soekarno, Hatta dan anggota PPKI lainnya malam itu juga rapat dan menyiapkan teks Proklamasi. Rapat tersebut di rumah Laksamana Maeda, Soekarno bersama tokoh perjuangan lain menulis naskah proklamasi. Tulisan itu lalu diketik oleh Sayuti Melik.

Tepat pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 M atau 17 Ramadan 1365 H, pukul 10.00 pagi, 17 Agustus 1945. Bertempat di rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No.56, Jakarta.

Pembacaan naskah proklamasi yang berlanjut pengibaran Sang Saka Merah Putih hasil jahitan Fatmawati, menandakan Indonesia merdeka.

17 Agustus 2022

Tahun ini akan menjadi hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia Dirgahayu Republik Indonesia ke-77 dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Cepat”

Kini seluruh warga negara Indonesia mempersiapkan acara kemerdekaan Dirgahayu Republik Indonesia ke-77 menyambut hari kemerdekaaan bahkan lomba-lomba yang akan di adakan untuk memeriahkan hari 17 Agustus 2022

Bahkan Wakil Bupti Hulu Sungai Utara Husairi Abdi mempersiapkan acara 17 Agustus 2022 untuk memeriahkan Kota Amuntai Bertaqwa, untuk memberi semangat warga Hulu Sungai Utara.

Sekian artikal dari saya, nantikan artikel menarik lainnya dan kunjungi juga webite kami di lainnya, jangan lupa untuk share dan juga terus kunjungi website kami. Terima kasih…

Penulis : IbaySyaputra

#LiputanBenua

#WargaBenua

#Dosting

#LKPAnugerah

#DesaTapus

Berbagi Kata Transisi

Lagi pula Kemudian Setelah itu Masih Seterusnya Selanjutnya
Bahkan sebelum Kedua Mulanya Kemudian Pendeknya
sementara itu Ketiga Pertama Tetapi Namun Sebelum
Biarpun Walaupun Sebaliknya Namun Sementara Dalam
Dan Masih Lagi pula Bahkan Kemudian Setelah itu Masih
Seterusnya Selanjutnya sementara itu sebelum Pertama Kedua
Ketiga Mulanya Kemudian Sebelum Pendeknya Tetapi
Namun Biarpun Walaupun Sebaliknya Namun Dalam
Sementara Dan Masih

 

 

Berikan Komentar

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: