Health  

Cara Turunkan Kolesterol Usai Makan Daging Kurban

kolesterol

Menyantap hidangan daging sapi maupun kambing saat Idul Adha memang nikmat. Namun perlu diingat, daging mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut cara menurunkan kolesterol usai makan banyak daging sapi.

1. Jaga pola makan dan gaya hidup sehat

Dokter spesialis gizi dr. Samuel Oetoro, Sp.GK. mengatakan untuk mencegah dari penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi, sebaiknya menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

“Itu masalah kebiasaan, kalau dia kebiasaaannya sudah sehat, tidak apa-apa, sebelum-sebelumnya jangan konsumsi berlebih, menjaga diri, menerapkan pola hidup sehat,” ujar Samuel (31/7/2020).

“Kalau mau konsumsi daging kambing, pilih yang kambing muda, karena kadar kolesterolnya rendah,” lanjut dia.

Baca Juga: Ganja Medis Haruskah Dilegalkan di Indonesia?

2. Imbangi dengan sayur dan buah

Samuel menyarankan agar dalam mengonsumsi daging sapi atau kambing sebaiknya di imbangi dengan mengonsumsi sayur dan buah. Serat tinggi yang terkadung dalam sayur dan buah, menurutnya, dapat menyerap lemak dari daging yang di konsumi.

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur merupakan salah satu tindakan yang baik untuk mejaga kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Konsumsi oat dan kacang-kacangan

Sementara itu, ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Perdana Samekto mengatakan, ada sejumlah makanan yang mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

“Mekanismenya ialah dengan mengikat kolesterol di usus yang bersumber dari makana atau garam empedu. Contoh makanannya ialah kacang-kacangan, oat, bekatul, buah-buahan seperti jeruk, apel, alpukat, dan lainnya,” ujar Perdana, Sabtu (25/7/2020).

Baca Juga: Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

4. Konsumsi produk kacang kedelai

Meski kedelai bisa masuk dalam kategori kacang-kacangan, namun jenis makanan ini lebih kompleks. Produk kedelai seperti susu, tahu, tempe, kacang edamame di anggap efektif membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

5. Rutin berolahraga

Olahraga selama 2,5 jam per minggu dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Segera bangun rutinitas sehat ini. Tak perlu muluk-muluk. Mulailah dengan jalan kaki 10 menit setiap hari, lalu tingkatkan secara bertahap intensitasnya.

Source: kompas.com


Website kami:

#wargabenua.com

#liputanbanua.com

Channel Youtube:

#liputan banua

Berikan Komentar

error: Content is protected !!