Inilah 4 Kemampuan yang Harus Dimiliki Siswa abad 21

Siswa

Seiring dengan perkembangan zaman tentu kompetensi abad 21 yang akan di hadapi siswa juga akan berubah. Di mana perkembangan zaman tersebut akan fokus pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perlu di ketahui pesatnya perkembangan IPTEK akan membuat tantangan menjadi lebih besar di bandingkan masa sebelumnya.

Supaya siswa bisa menghadapi tantangan yang lebih besar di abad 21 ini maka lembaga pendidikan harus menemukan solusi dari masalah ini. di mana solusi dari masalah ini yaitu kompetensi 21 yang harus di miliki oleh siswa. Kira-kira apa saja kompetensi tersebut? berikut jawabannya.

1. Critical Thinking (Berpikir Kritis)

Apa itu critical thinking (berpikir kritis)? Berpikir kritis adalah kemampuan yang harus di miliki siswa untuk memahami sebuah masalah yang rumit, menghubungkan informasi satu dengan informasi lainnya sehingga akan muncul berbagai perspektif dan akan di temukan solusi dari suatu masalah.

Selain itu, critical thinking juga bisa di maknai sebagai kemampuan nalar, memahami dan juga membuat pilihan yang rumit, memahami hubungan antara sistem, menyusun, mengungkapkan, menganalisis serta menyelesaikan masalah. Kemampuan satu ini harus di miliki oleh siswa di era digital seperti sekarang supaya di manapun berada bisa berpikir kritis dan bisa menyelesaikan masalah yang di hadapi dengan tepat.

Baca Juga: Mundur dari Meta Facebook, Wanita Ini Sudah Raup Cuan Rp. 23 T

Tidak hanya itu saja, siswa yang memiliki kemampuan ini tidak mudah untuk dibohongi karena bisa membedakan mana kebenaran dan kebohongan, fakta maupun opini, serta fiksi dan non-fiksi. Berpikir kritis akan menjadi modal bagi siswa untuk lebih bijak dalam mengambil suatu keputusan.

2. Communication (komunikasi)

Siswa yang ada hidup di abad 21 juga di haruskan untuk memiliki kemampuan komunikasi dengan baik. Hal ini dikarenakan kemampuan komunikasi yang dimiliki bisa membuat siswa mengekspresikan apa yang ada di dalam pikirannya lalu diungkapkan atau disampaikan secara lisan maupun tulisan. Dengan kemampuan komunikasi yang baik maka pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh penerima pesan dan pastinya mencegah terjadinya kesalahpahaman.

Dalam melakukan komunikasi, siswa harus bisa memahami situasi sekitar, media apa yang digunakan dan siapa orang yang menjadi lawan bicaranya. Kemampuan komunikasi bisa diajarkan sejak anak usia dini. Dimana orang tua bisa mengajari anaknya berkomunikasi. Caranya dengan memintanya untuk bercerita secara lisan mengenai pengalamannya atau bisa juga meminta si anak untuk menulis apa yang ada di pikirannya tentang suatu hal.

3. Creativity (kreativitas)

Kompetensi abad 21 yang harus dimiliki siswa selanjutnya adalah kreativitas. Kreativitas sangat di perlukan oleh murid supaya lebih berani untuk mencari serta mengungkapkan ide-ide yang ada di dalam kepalanya. Perlu di ketahui jika kemampuan berpikir kreativitas ini tidak hanya terbatas pada penciptaan produk atau barang baru. Akan tetapi, kemampuan ini bisa di aplikasikan untuk mengembangkan suatu hal yang sudah ada menjadi lebih baik lagi.

Salah satu cara yang bisa di lakukan untuk mengasah kreativitas siswa adalah dengan mengajaknya untuk bebas mengeksplorasi pikiran dan imajinasinya. Orang tua atau guru bisa membantu siswa mengembangkan kreativitas dengan cara memberikan dukungan maupun wadah yang tepat agar siswa tidak takut untuk selalu berkreasi.

Baca Juga: Kasus Kecelakaan Syuting, Film The Doll 3 Panen Kecaman

4. Collaboration (berkolaborasi)

Pada abad ini sudah bukan waktunya untuk hidup individu ataupun menang sendiri. Kesuksesan juga peru untuk di raih bersama-sama dengan melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan orang lain. Dengan melakukan kolaborasi maka masing-masing pihak bisa mengisi kelebihan maupun kekurangan satu sama lain.

Kondisi tersebut tentu akan membuat hasil akhir yang di raih menjadi lebih maksimal. Tidak hanya itu saja, melalui kolaborasi tersebut siswa akan belajar bertanggung jawab dengan peran yang di miliki, saling berempati serta bisa menghormati pendapat orang lain yang berbeda.

Nah itulah informasi tentang 4 kompetensi abad 21 yang harus di miliki siswa.


Sekian artikel dengan judul Inilah 4 Kemampuan yang Harus Di miliki Siswa abad 21. Nantikan informasi menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan terus kunjungi website dan subscribe channel youtube kami. Terima kasih…

 

Website Kami:

#Wargabenua.com

#Liputanbanua.com

Channel Youtube Kami:

#Liputan Banua

Respon (1)

Berikan Komentar

error: Content is protected !!