Sejarah 23 Mei, Tragedi Jum’at Kelabu di Banjarmasin

jum'at kelabu

Kerusuhan dengan ratusan korban jiwa mewarnai perjalanan demokrasi di Indonesia. Pada 23 Mei 1997 terjadi kerusuhan berdarah saat putaran akhir kampanye Pemilu 1997. Peristiwa ini dikenal dengan tragedi Jum’at Kelabu Banjarmasin.

jum'at kelabujum'at kelabu

Tragedi tersebut terjadi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 23 Mei 1997 yang merupakan hari terakir masa kampanye Pemilu 1997.

Peristiwa yang menyebabkan 123 korban tewas, 118 orang luka-luka dan 179 lainnya hilang ini dipicu dari konvoi sepeda motor dari massa Golkar yang melintas di Masjid Noor di Jalan Pangeran Samudera. Kebetulan, saat itu hari Jumat dan masyarakat menggelar shalat Jumat.

Baca Juga: Shella Barnadetha, Bidadari Voli Indonesia Kesayangan Bagus Kahfi

Banyak di antara sepeda motor itu knalpotnya di copoti, dan suara raungan mesin motor di rasakan sangat mengusik ketenangan mereka yang sedang bersembahyang. Massa marah.

Selepas Jumatan, massa menyerang Kantor DPD Golkar Kalimantan Selatan. Di kutip dari Tempo Interaktif, massa terlibat bentrok dengan Satgas Golkar dari Pemuda Pancasila dan Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI).

Baca Juga: Polda Kalsel dan Polda Kalteng Gelar Pertandingan Persahabatan

Kerusuhan akhirnya melebar, ratusan ratusan rumah, toko, gedung, dan bangunan lain, hancur luluh lantak. Yang hancur lebur termasuk gedung PLN Cabang Banjarmasin, Kantor Kanwil Depsos Kalsel, Kantor PDAM Banjarmasin, Kantor Pegadaian Banjarmasin, BDN, BRI, Bank Lippo, Bank Danamon, Bank Utama, BDNI, enam restoran, dua bioskop, tiga hotel (Hotel Kalimantan, Hotel Banjarmasin, Hotel Barito Palace).
Selain Plaza Mitra, pusat-pusat pertokoan lain yang di hancurkan serta di jarah ialah Plaza Junjung Buih, Siolatama, Toserba Barata, Plaza Arjuna, Edwin Haouse, Toserba Lima Cahaya, dan pusat perbelanjaan Sudimampir.

Sebagian besar korban meninggal di makamkan dalam satu liang lahat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) milik Pemko Banjarmasin, di Gang PDI Jalan A Yani Km 22 Landasan Ulin, Banjarbaru.


Sekian artikel dengan judul Sejarah 23 Mei, Tragedi Jum’at Kelabu di Banjarmasin. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan terus kunjungi website dan subscribe channel youtube kami. Terima kasih…

Website kami:

wargabenua

 

 

 

Youtube Kami :

wargabenua

 

 

Respon (2)

Berikan Komentar

error: Content is protected !!